Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa kunjungi agungar.

Selasa, 27 Maret 2012

Bagaimana Caranya Agar Artikel Blog Tidak Dicopas?


penyematan link penyedia anti plagiatisme seperti yang ada di bagian footer blog ini mudah-mudahan bisa meminimalisir, atau setidaknya memberi peringatan dini (early warning) adanya konten yang diduplikasi. Atau langkah-langkah di artikel Bli Cahya yang berjudul Panduan Memerangi Plagiat Blog bisa jadi bahan penambah wawasan di seputar plagiarism dan pencegahan-pencegahannya.
Tapi pertanyaan itu tetap saja masih mengganggu: bagaimana caranya ya agar artikel kita tidak bisa dicopas?Jawabnya: impossible, alias tidak mungkin. Selain cara-cara proteksi yang ditulis di bagian awal artikel, kita takkan mampu mencegah aksi pembajakan konten. Yang bisa kita lakukan hanya satu hal, yaitu membuat konten yang se-orisinal mungkin. Bagaimana caranya?1.    Story telling, atau tambahkan unsur cerita/pengalaman dalam artikel blog. Curcol,curhat dan semacamnya sangat baik diterapkan bila tak ingin artikelnya di-copas. Ya, siapa juga yang mau njiplak artikel curhat?
2.    Beri rujukan artikel yang relevan, baik inbound (merujuk pada artikel di blog sendiri) atau outbound (merujuk ke artikel blog lain). Ini menandakan Anda peduli dengan ke-original-an artikel yang telah dibuat, sekaligus memberi tanda bahwa Anda adalah blogger yang telah melakukan research terlebih dahulu sebelum menulis topik tertentu.
3.    Menulis dengan gaya sendiri. Ini yang tak bisa ditipu. Gaya tulisan seperti tanda tangan yang sulit sekali untuk ditiru, kecuali bila Anda seorang ahli (terbiasa) dalam perkara tersebut.
4.    Terakhir, jangan pernah membajak konten blog lain. Saya ngga tahu kalau hukum karma pun berlaku di dunia maya, tapi tak ada salahnya kan jika kita menilai diri kita sebelum menilai orang lain?
Bagaimana dengan Anda, punya pendapat tentang aksi plagiatisme konten blog? Bagaimana Anda menyikapi hal tersebut, dan langkah-langkah apa yang Anda dilakukan untuk mencegahnya? Share, please.21 maret 2012 darinholic

Cara paling jitu mencegah kopas menurut sarjoni.wordpress

Bagaimana Caranya Agar Artikel Blog Tidak Dicopas?
Cara Mengetahui Artikel Asli atau Copy Paste
Cara copy paste Blog yang terkunci
Tips copy paste artikel blog
Cara merekam aktivitas layar komputer menurut 
Cara agar artikel blog tak bisa di kopas menurut bed0el.blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan anda

Tidak boleh kosong